Curug adalah istilah dari bahasa sunda yang berarti air terjun. Berbicara mengenai air terjun atau curug, di jawa barat tepatnya di bogor ada sebuah curug yang unik yaitu di curug cilember. Di curug cilembar terdapat 7 air terjun yang bersusun. Dari yang paling bawah adalah curug ke 7 diatasnya lagi ke enam hingga curug ke 1 yang terletak paling atas. Konon Di curug ke 7 airnya bisa menyembuhkan penyakit.

Curug Cilember terletak di desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor. Curug Cilember berada pada ketinggian 800 mdpl dengan luas sekitar 8,9 hektar. Yang menjadi daya tarik obyek wisata curug cilember ini adalah adanya 7 air terjun yang bersusun dan pesona alamnya yang masih asri dan sejuk.

Jalan menuju curug cilember sebenarnya sudah beraspal, namun sobat perlu hati-hati karena jalanya cukup sempit. Untuk masuk ke curug cilember sobat harus membayar tiket masuk sebesar 12 rb ketika akhir pekan. Memasuki air terjun ke 7 sobat bisa mandi dibawah curahan air yang begitu menyegarkan. Dari ketujuh curug yang ada di curug cilember, mungkin curug ke 7 inilah yang paling ramai dikunjungi. Selain akses jalanya yang paling mudah dan keindahan alamnya di curug ke 7 ini terdapat sebuah mitos. Menurut masyarakat setempat curug ini berkhasiat untuk obat awet muda, mempercepat jodoh dan menyembuhkan berbagai penyakit. Kalau dipikir memang tidak masuk akal, tapi itulah cerita yang berkembang di masyarakat sekitar curug cilember bogor.

Diatas Curug ke 7 ada curug ke enam, namun sayangya sobat tidak bisa menuju kesana dikarenakan belum adanya akses jalan. Jadi sobat bisa langsung menuju curug ke curug ke 5. Di curug ke 5 ini sobat bisa melihat keindahan curahan air yang mengalir pada bebatuan yang bertingkat. Nah, jika sobat mulai lapar di curug ke 5 ini juga ada warung-warung kecil yang menyediakan makanan ringan. Berikutnya sobat bisa menuju ke curug ke 4 dan ke 3 yang letak keduanya cukup berdekatan. Namun disini sobat dituntut untuk ekstra hati-hati mengingat jalanya yang lebih licin dan terjal. Jika sobat masih penasaran untuk menuju curug ke 2 dan pertama diperlukan waktu yang lebih lama karena jaraknya cukup jauh. selain itu medanya juga lebih sulit dibanding sebelumnya.

Untuk menyusuri ketujuh curug di curug cilember bogor ini,Travel Logs dibutuhkan waktu sekitar 3 jam. Oh iya di curug cilember ini juga terdapat taman dengan berbagai jenis kupu-kupu. Untuk memasuki taman kupu-kupu di curug cilember setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000,00. Apabila sobat ingin berkemping di curug cilember juga terdapat penyewaan tenda.