Danau Labuhan Cermin di Berau merupakan sebuah obyek wisata yang memiliki fenomena alam yang unik. Danau ini merupakan sebuah danau dengan air tawar dan air laut. Ketika anda mencoba mengecap air dipermukaan danau, maka terasa tawar namun cobalah untuk menyelam ke dasar danau airnya terasa asin. Sungguh fenomena alam yang langka. Airnya begitu jernih sehingga dasar laut yang kira-kira mencapai 3 meteran bisa terlihat dari permukaan.

Secara administratif, danau labuhan cermin terletak di desa labuhan kelambu, biduk-biduk, kabupaten berau, Kalimantan timur. Kawasan wisata ini dapat ditempuh selama 7 jam dari Tanjung Redep yang merupakan ibukota Kabupaten Berau. Para wisatawan yang menyempatkan datang kesini biasanya setelah berlibur ke Kepulauan Derawan yang menjadi wisata unggulan di Berau. Pemandangan air danau yang berwarna biru tua yang berdegradasi dengan biru muda serta hijaunya pepohonan disekitar sungguh menentramkan hati. Seperti namanya saking beningnya air bak laksana sebuah cermin. Bahkan sebuah perahu yang berada di atas danau terlihat seperti melayang. Cara terbaik untuk menikmati danau labuhan cermin ya tentu dengan berenang, menyelam atau snorkeling. Namun sobat sebaiknya mempersiakan segala peralatanya karena ditempat ini tidak disediakan, hanya tersedia ban yang digunakan sebagai pelampung. Ketika anda mencoba menceburkan diri ke danau, gerombolan ikan yang menari-nari di dalam danau membuat sobat semakin betah untuk berlama-lama disini.

Fenomena Alam Menarik Di Berau Danau Labuan Cermin

Fenomena Alam Menarik Di Berau Danau Labuan Cermin

Akses Menuju Danau Labuhan Cermin

Dari bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan, anda bisa menuju ke Bandara Tanjung Redep di Berau. Untuk menuju Desa Biduk-biduk perjalanan bisa diteruskan menggunakan mobil sewaan. Ada dua cara untuk menuju Danau Labuhan Cermin pertama dengan melewati jalur tracking yang bisa ditempuh selama 40 menit, atau bisa juga menggunakan motor yang disewakan warga setampat. Sesampainya di danau labuhan cermin terdapat perahu yang akan mengantarkan anda berkeliling menikmati keindahan Danau Labuhan Cermin. Nah sebenarnya di Desa Biduk-biduk ini memiliki potensi wisata lain yang sangat menarik seperti teluk sumbang, air terjun soom, teluk sulaiman dan beberapa pulau kecil yang eksotis. Hanya beberapa tempat wisata tersebut kurang terkolala dengan baik.