Berbicara mengenai seni dan budaya jawa memang sangatlah menarik, apalagi dengan berkunjung ke sebuah museum. Dari berbagai museum di Yogyakarta, museum ullen sentalu mungkin yang paling tepat untuk menggambarkan budaya jawa. Di museum inilah dipamerkan koleksi-koleksi batik,gamelan, lukisan dari raja mataram hingga tokoh raja-raja dari keraton yogyakarta dengan pakaian yang dikenakan sehari-harinya. Museum Ullen sentalu berada di lereng gunung merapi sekitar 25 km dari kota yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu terletak di Jl. Boyong taman wisata kaliurang Yogyakarta. Museum ini sebenarnya sudah diresmikan sejak tahun 1997, namun demikian belum banyak yang mengenalnya bahkan dari masyarakat Jogja sendiri. Nama Ullen Sentallu sendiri memiliki kepanjangan “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya nyala lampu blencong merupakan petunjuk dalam melangkah dan meniti kehidupan. Dikutip dari situs resmi ullen sentalu, meseum ini memiliki visi Sebagai Jendela peradaban seni dan budaya Jawa. Ketika sobat berkunjung kesana maka tidak akan menemukan label-label yang menyertai setiap koleksi museum seperti halnya di museum pada umumnya. Sebagai gantinya sobat akan ditemani oleh seorang guide yang akan menjelaskan setiap koleksi yang ada di dalam museum.

Museum Ullen Sentalu terdiri berbagai ruangan yakni:

  • Ruang Seni Tari dan Gamelan

Berisi seperangkat gamelan yang merupakan pemberian dari seorang pangeran kesultanan Yogyakarta dan juga berisi beberapa lukisan tari.

  • Gua sela giri

Berupa sebuah ruangan bawah tanah yang memamerkan beberapa lukisan para tokoh Dinasti Mataram. Arsitektur ruangan ini didominasi material dari baru merapi.

  • Bilik syair Tineke

Sebuah ruangan yang menampilkan syair-syair dari buku kecil GRAj Koes Sapariyam yang merupakan putri dari Sunan PB XI Surakarta.

  • Royal Room Ratu Mas

Di ruangan ini terdapat lukisan Ratu Mas (Permaisuri Sunan PB X) dan pernak-pernik perlengkapannya seperti topi, dodot pengantin, kain barik dan lainya.

  • Ruang Batik Vorstendlanden Surakarta dan Yogyakarta

Di ruangan ini menampilkan sejumlah koleksi batik baik dari Yogyakarta maupun dari Surakarta.

  • Ruang Putri Dambaan

sebuah ruangan yang menampilkan koleksi foto pribadi putri tunggal Mangkunegara VII yakni GRay Siti Nurul Kusmawardani dari kecil hingga menikah.

  • Sasana Sekar Bawana

Beberapa lukisan dari raja mataran terdapat di ruangan ini.

Dengan membayar tiket masuk meseum ullen sentalu sebesar Rp 30.000,- sobat akan ditemani oleh seorang guide. Namun perlu dicatat jangan datang pada hari senin karena museum ullen sentalu hanya buka dari hari selasa hingga minggu. Nah di ara museum ullen sentalu terdapat sebuah restoran yang bernuansa belanda yakni restoran beukenhof. Travel Logs.