Objek Wisata Pulau Biawak Indramayu merupakan tempat terbaik untuk menikmati pesona alam yang luar biasa. Objek Wisata Alam Indonesia yang berjarak sekitar 40 km dari pantai utara Indramayu ini memiliki air bening dan pasirnya putih seperti kebanyakan pantai di kawasan selatan. Daratan seluas 120 ha ini juga kaya dengan tanaman bakau yang hijau dan rapat dipandang dari ketinggian. Setidaknya ada 2 nama lain yang lazim digunakan untuk menyebut pulai ini, yaitu Pulau Rakit dan Pulau Menyawak atau Pulau Bompyis.

Sesuai dengan namanya, Objek Wisata Pulau Biawak Indramayu ini merupakan habitat biawak (Varanus Salvator). Jenis reptil ini sudah ada sejak satu abad yang lalu. Jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan ekor. Mereka hidup di rawa-rawa dan semak-semak hutan bakau. Biawak merupakan hewan yang liar yang tidak menyerang manusia, kecuali keberadaannya diganggu. Selain itu, masih ada spesies lain yang ada di Objek Wisata Pulau Biawak Indramayu, yaitu burung cangak laut (ardea sumatrana), trinil pantai (bubulcus ibis), dan burung uidang biru (alcedo caerulenscens).

Kondisi air laut yang bening merupakan surga bagi ratusan jenis biota laut dengan bentuk dan warna yang indah. Kondisi terumbu karang yang ada di Objek Wisata Pulau Biawak ini, pada kedalaman 33 meter masih cukup bagus. Sejumlah spesies air disana adalah ikan zebra (dendrichirus sebra), kupu-kupu (chaetodon crysurus), dan merakan (pterois valiteus).

Selain Objek Wisata Pulau Biawak, kawasan ini ini juga menawarkan kecantikan Pulau Gosong dan Pulau Candikian. Pulau Gosong berjarak tempuh sekitar 30 menit dari pulau biawak. Berbeda dengan Pulau Biawak, kedua pulau ini tak berpenghuni. Bahkan, Pulau Gosong yang sebenarnya lebih luas dari Pulau Biawak hanya tersisa beberapa meter persegi.

Inilah sedikit tentang Objek Wisata Pulau Biawak Indramayu pada kesempatan kali ini. Baca juga Objek Wisata Alam Indonesia sebelumnya tentang Objek Wisata Alam Pulau Asu Nias. Semoga salah satunya bisa menjadi agenda destinasi perjalanan Anda! Travel Logs.