Taman Nasional Baluran merupakan padang savanna terluas di Pulau Jawa. Beraneka ragam ekosistem yang berada di dalamnya membuat Taman Nasional yang berada di Kabupaten Situbondo Jawa Timur ini bisa dikatakan perwakilan dari ekosistem yang berada di Pulau Jawa. Berkunjung ke Taman Nasional Baluran membuat anda terasa sedang berada di afrika. Ratusan hewan yang sedang berlarian di tengah padang savanna bisa anda saksikan langsung. Anda juga bisa melihat pohon khas Baluran yang mirip dengan pohon yang terdapat di film avatar. Pohon yang berbatang putih serta memiliki daun yang rimbun tersebut bernama Pohon Pilang. Selain itu terdapat pula beberapa spot yang menarik untuk dikunjungi katakanlah seperti gardu pandang, pantai berpasir putih, hingga situs bersejarah seperti candi.

Taman Nasional Baluran berada di kepemerintahan Situbondo, tepatnya berada di kecamatan Banyuputih. Asal muasal dari penamaan Baluran tersebut adalah dari gunung yang ada di kawasan taman nasional ini yang bernama Gunung Baluran. Beberapa eksistem yang berada didalamnya diantaranya hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa, hutan pegunungan bawah, hutan musim, dan vegetasi savana. Namun secara keseluruhan Taman Nasional Baluran didominasi oleh vegetasi savanna yang mencapai 40% dari total luasnya. Saat musim hujan telah tiba, maka air banyak berkubang disebelah selatan yakni daerah antara talpat dan barma.

Taman Nasional Baluran Terasa Seperti Di Afrika

Taman Nasional Baluran Terasa Seperti Di Afrika

Setidaknya terdapat 444 jenis tumbuhan, 26 jenis mamalia, serta 155 jenis burung menjadi penghuni setia Taman Nasional Baluran. Ketika pagi hari sekitar pukul 5 anda bisa melihat sekumpulan hewan besar sedang melintas di padang rumput. Salah satunya adalah Banteng khas baluran yang memiliki ciri berwarna putih pada bagian bawah pada keempat kakinya serta pada bagian pantatnya. Elang ular dan elang bute dapat sobat saksikan sedang terbang melayang mencari mangsa dan adapula yang sedang bertengger diatas pohon pinang. Seekor rusa lemah tak berdaya karena digigit oleh seekor ajag yakni sejenis serigala hutan yang memiliki ekor berwarna hitam. Jika anda melanjutkan di daerah yang memiliki kubangan air maka akan terlihat beberapa kerbau sedang asik mandi dan minum. Selain itu masih banyak lagi aktifitas-aktifitas hewan yang ada di Taman Nasional Baluran.

Beberapa spot yang bisa anda kunjungi di Taman Nasional Baluran diantaranya:

  1. Bekol
    Bekol merupakan sebuah gardu pandang yang berupa menara. Disini anda bisa menyaksikan berbagai satwa, permuakaan laut serta pemandangan indah di Baluran dari ketinggian.
  2. Pantai Bama

Pantai Bama mempunyai pasir putih dengan terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik. Pantai ini diapit oleh hutan bakau sejauh 3 Km. Memang tidak begitu luas namun masih begitu alami. Berbagai aktifitas seperti berenang, snorkeling, berperahu, hingga diving bisa anda lakukan disini.

  1. Manting
    Tempat ini berupa sebuah sumber air yang tidak pernah kering sepanjang tahun.
  2. Curah Tangis
    Berupa tebing tinggi yang bisa digunakan untuk aktifitas panjat tebing. Tingginya mencapai 30 meter dengan kemiringan hingga 85 derajat.
  3. Candi Bang

Untuk menuju lokasi Taman Nasional Baluran dibutuhkan waktu 6 jam jika dari Surabaya. Rutenya yang bisa dilalui adalah Surabaya-pasuruan-Probolinggo-Situbondo. Untuk menuju Taman Nasional Baluran ini dari situbondo langsung menuju ke Batangan dengan jarak 60 Km. Tiket masuk ke Taman Nasional Baluran cukup murah yakni Rp 6 ribu untuk setiap mobil atau Rp 2.500,- per orang. Travel Logs.