Jika berbicara mengenai wisata kepulauan seribu, mungkin yang paling tersohor adalah Pulau Tidung. Hal ini bisa dilihat dari jumlah wisatawan yang berlibur di pulau yang terkenal dengan jembatan cinta tersebut. Bagi sebagian orang berwisata di tempat yang terlalu ramai itu tidak mengasikan. Mereka biasanya mencari tempat-tempat yang masih sepi, asri dan belum terjamah oleh banyak wisatawan. Jika diantara sobat juga merasa demikian, Pulau Kelapa yang juga masuk dalam wilayah kepulauan seribu ini bisa dijadikan alternatifnya.

Pulau Kelapa terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang memiliki populasi cukup padat. Tercatat sebanyak 5.023 jiwa mendiami pulau yang memiliki luas mencapai 13,09 hektar ini. Pulau kelapa juga menjadi pusat pemerintahan dari kecamatan kepulauan seribu utara. Oleh karena itu beberapa sarana prasarana pun dibangun seperti Sekolah, Dermaga, Kantor Polres, Taman Interaktif dan lainya. Di sekitar pulau ini terdapat beberapa pulau kecil lainya seperti Pulau Kotok Kecil, Pulau Harapan dan Pulau Kaliage.

Untuk menuju Pulau Kelapa, sobat bisa menggunakan kapal dari Muara Angke dengan perjalanan selama 3,5 jam. Dari Muara Angke, kapal akan berjalan kearah utara melewati Pulau Pramuka. Berbeda dengan Pulau Tidung yang selalu dipenuhi oleh para wisatawan, di Pulau Kelapa masih jarang terlihat wisatawan. Hampir seluruh pulau dipenuhi oleh penduduk setempat. Disini sobat bisa menggunakan becak untuk berkeliling. Tak jauh dari Pulau Kelapa terdapat sebuah pulau kecil bernama Kotok Kecil. Biasanya para wisatawan yang berlibur di Pulau Kelapa selalu menyempatkan diri menuju Kotok Kecil. Bukan tanpa alasan, disini sobat bisa melakukan aktifitas salah satunya adalah snorkeling. Namun terkadang ombak laut yang lumayan besar akan mengaduk-aduk pasir sehingga pemandangan laut yang begitu cantikpun terhalang. Selain itu sobat juga bisa melakukan water sport seperti banana boat atau lainya. Jika tidak mau yang basah-basahan sobat bisa berkunjung ke penangkaran penyu atau ke konservasi elang bondol. Di Pulau Kelapa Kepulauan Seribu ini juga tersedia beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh pihak pengelola. Sobat bisa memilihnya tentungya disesuaikan dengan budget.  Di sebelah timur Pulau Kelapa terdapat Pulau Harapan yang terhubung darat. Beberapa losmen nampak berdiri di Pulau yang diproyeksikan juga untuk tujuan wisata ini. Ketika malam menjelang, lampu-lampu yang berwarna-warni turut memperindah pulau ini.Ketika hari menjelang petang jangan sampai melewatkan waktu sunset baik dari Pulau Harapan maupun Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu ini. Travel Logs.