Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan yang tiada henti memberikan keindahan-keindahan pantainya. Kali ini kita akan mengulas sebuah pantai yang berada di bagian barat Indonesia tepatnya di Provinsi Bandar Lampung. Di daerah ini ada sebuah pantai yang cukup menawan yakni teluk killuan. Berada di sebelah barat daya dari kota lampung, kawasan ini memang agak terpencil. Meskipun demikian jangan sekalipun meremehkan keindahannya. Perpaduan antara butiran pasir putih nan lembut dengan jernihnya air laut yang membentang mengelilingi teluk adalah daya tarik utamanya. Selain itu jika beruntung anda akan disuguhkan atraksi segerombolan lumba-lumba di tengah teluk killuan.

Teluk killuan terletak di Desa Killuan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus, Bandar Lampung. Teluk killuan bisa dikatakan wisata baru yang ada di Lampung. Sepuluh tahun yang lalu, nama teluk killuan tidaklah setenar sekarang, bahkan sebagaian masyarakat lampung sendiripun tidak mengenalnya. Namun kini teluk yang berjarak 80 Km dari Pusat Kota Lampung ini telah menjadi tujuan wisatawan baik local maupun mancanegara. Di teluk inilah anda bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba dialam bebas. Teluk killuan merupakan sebuah jalur migrasi antara dua jenis lumba-lumba yakni jenis mulut botol dan jenis paruh panjang. Bahkan jumlahnya mencapai ribuan, sungguh angka yang fantastis. Tak perlu susah-susah untuk melihat atraksi lumba-lumba di teluk killuan. Anda cukup menaiki perahu saja, maka seolah lumba-lumba tersebut ingin menunjukan kebolehanya.

Menyaksikan atraksi lumba-lumba di sebuah teluk adalah pemandangan yang langka. Untuk menggunakan perahu tersebut anda bisa menyewanya dengan membayar Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu. Lumba-lumba di teluk killuan akan berenang di sisi perahu, seakan memberikan salam kepada setiap wisatawan yang datang. Selain menyaksikan Lumba-lumba, anda bisa melakukan aktifitas lainya seperti berenang, snorkeling atau sekedar berfoto-foto menikmati pemandangan di sekitar teluk. Meskipun teluk killuan tak memiliki terumbu karang yang indah, namun ikan-ikan kecil yang cantik cukup memberikan hiburan. Ketika berada di Teluk Killuan Lampung jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan saat-saat matahari mulai tenggelam.

Untuk menuju Teluk Killuan memang tidaklah mudah. Setidaknya butuh waktu 3 jam melewati jalan yang berkelok-kelok dan berbukit. Di beberapa ruas jalan kondisinya kurang memadai. Untuk itu disarankan jika ingin menuju Teluk Killuan jangan menggunakan mobil sedan dan datanglah pada musim kemarau. Travel Logs.