Nama Karimun Jawa dan Kepulauan Seribu mungkin sering menjadi destinasi menghabiskan masa liburan. Tapi, jika ingin menghabiskan masa liburan dan memenuhi kepuasan pada alam Indonesia, jangan pernah menunda-nunda kesempatan berlibur ke objek wisata Pulau Tunda, Serang, Banten. Keindahan Pulau Tunda yang masih perawan bisa membuat Anda berdecak kagum begitu mata menyorotinya.

Tak banyak yang mengetahui keindahan objek wisata Pulau Tunda. Pulau ini seakan-akan menjadi surga tersembunyi karena jarang dijamah oleh para penikmat pantai, pencinta surya tenggelam, dan tentunya penyuka alam bawah laut. Siapa bisa menolak keindahan yang disuguhkan dari Pantai Tunda ini. Pasir putih di pantai yang landai membuat setiap orang rasa-rasanya ingin berbaring mengotori tubuh mereka dengan pasir.

Keindahan tersembunyi Pulau Tunda terasa semakin mencuat kala kumpulan lumba-lumba berenang bebas di bawah laut dengan sesekali muncul dan menyelam kembali. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Kiluan, warga Ibukota bisa mengabadikan tarian lumba-lumba sewaktu berenang hanya di Pulau Tunda. Apalagi, setelah puas melihat lumba-lumba, kita dapat menikmati istana karang ketika snorkeling di Pulau Tunda.

Pulau Tunda merupakan sebuah pulau yang dikelilingi oleh terumbu karang yang beragam. Salah satu habitat terumbu karang yang banyak ditemukan di kedalaman lautan Pulau Tunda adalah jenis Fringing Reef. Terumbu karang ini dapat ditemukan pada kedalaman 1 hingga 10 meter.

Untuk menikmati keindahan tersembunyi di Pulau Tunda ini, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah dari Ibukota. Anda bisa melakukan perjalanan melalui Tol Kebon Jeruk-Merak dan keluar di pintu Tol Serang Timur. Kemudian, Anda harus kembali melanjutkan perjalanan ke dermaga kecil bernama Karang Hantu.

Dari dermaga Karang Hantu, Anda bisa menggunakan perahu kayu milik nelayan untuk menjangkau Pulau Tunda. Dalam perjalanan di atas perahu menuju objek wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan lanskap laut yang biru dan ayunan ombak yang menggoyang. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam karena perahu yang digunakan agak lambat.

Selain menggunakan perahu milik nelayan, Anda juga bisa memilih untuk naik KMP Tunda yang memang diprioritaskan untuk melayani transportasi antar pulau masyarakat Pualu Tunda. Sesampainya di Pulau Tunda, bersiaplah untuk meloncat kegirangan karena pulau ini adalah surga yang jarang dikunjungi dunia. Temukan kesunyian dalam ramainya dunia di Pulau Tunda. Demikanlah Travel Logs wisata kita kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sedang ingin merencanakan liburan bersama keluarga anda maupun  bersama sahabat-sahabat anda. Selamat berlibur kawan.