Anda ingin merasakan suasana desa yang masih asri dan terjaga budaya serta adat istiadatnya? Berwisata ke Desa Banda Ely bisa menjadi destinasi yang berkesan dan menyenangkan. Kawasan desa wisata ini berada di daerah Kei Besar Utara di bagian Timur. Dari pusat kota Kei Besar, Anda hanya akan menempuh waktu perjalanan ke desa itu selama empat jam saja.

Penduduk Banda Ely sebagian besar datang dari Pulau Banda Naira, sehingga dialek bahasa, adat dan tradisinya agak lain dibandingkan beberapa desa lainnya di daerah Kei Besar. Para penduduk ini datang ke kawasan Kei Besar pada sekitar tahun 1621, saat peperangan berkecamuk melawan Belanda yang kala itu dipimpin oleh J.P Coen. Bahasa asli setempat masih digunakan seluruh warga Banda Ely dan tetap berpegang teguh pada tradisi mereka, seperti tarian dan seni musiknya. Sehingga hingga kini para wisatawan bisa menyaksikan langsung keindahan seni tarik dan kemerduan seni musiknya.

Desa budaya ini juga menjadi pusat handicraft atau kerajinan tangan, seperti tembikar, perak, besi dan kerajinan tangan dari material lainnya. Banda Ely sangat populer dengan penghasil ikan pelagis bagi desa di sekitarnya yang berada di kawasan pesisir timur kawasan Kei Besar.Tak hanya itu daerah Banda Ely juga dikenal sebagai penghasil kerajinan yang dinamakan emas kei. Emas kei ini adalah salah satu jenis logam berharga amalgam yang dipakai sebagai perhiasan di daerah Kei.

Banda Ely juga berdekatan lokasinya dengan desa Haar yang populer dengan pesona pantai dan terumbu karang yang sangat mempesona. Di sekitar desa itu juga terdapat gunung Ar yang menyimpan bangunan benteng yang kokoh dan kampung tua. Anda bisa sekaligus menyusurinya, disamping berkunjung ke kawasan Desa Banda Ely.

Kei besar merupakan salah satu pulau yang terletak di kawasan Kabupaten Maluku Tenggara. Pulau ini tidak hanya menyimpan keindahan dan keunikan desa budaya Banda Ely saja. Tapi juga terdapat tempat yang menarik yang bisa menjadi potensi wisata potensial bila mengelolanya dengan sangat baik. Sehingga semakin banyak destinasi wisata mempesona bagi wisatawan dalam negeri dan wisatawan asing.

Keindahan alam di kawasan pulau Kei Besar ini juga dilengkapi dengan keramahan penduduk lokal. Sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi kawasan wisata tersebut. Keramahan masyarakat lokal akan sangat menunjang wisatawan semakin banyak berdatangan ke objek wisata tersebut. Dengan begitu ekonomi setempat juga akan terbantu, karena banyak sekali peluang bisnis baru yang muncul, seperti penginapan, penjualan kerajinan, penjualan makanan khas, rumah makan, penyewaan peralatan tertentu dan sebagainya.

Bila Anda tertarik mengunjungi kawasan Desa Banda Ely, maka pastikan Anda membawa kamera terbaik. Karena banyak sekali tempat alami yang bisa menjadi objek jepretan kamera Anda. Termasuk mengabadikan aksi seru Anda saat berpetualang di kawasan desa wisata tersebut.