Salah satu cara asyik menjelajahi suatu destinasi adalah dengan berjalan kaki. Jalan kaki sudah pasti lebih lelah ketimbang naik alat transportasi, tapi untuk para petualang sejati tentu hal tersebut bukan menjadi masalah. Berikut adalah tips berguna yang bisa Anda lakukan agar petualanagan dengan jalan kaki tetap seru dan nyaman.

1. Persiapkan Stamina

Mempersiapkan stamina merupakan hal yang paling penting sebelum menikmati petualangan dengan jalan kaki. Rutin berolahraga beberapa hari menjelang petualangan dan jangan lupa untuk tidur yang cukup. Sebelum petualangan, pastikan perut sudah terisi.

2. Membaca Cukup Perbekalan

Pastikan perbekalan yang dibawa cukup sesuai dengan waktu petualangan. Perbekalan penting karena dari sinilah sumber tenaga untuk menikmati petualangan dengan jalan kaki berasal. Selain makanan, jangan lupa bawa juga minuman yang cukup.

3. Memakai Sepatu yang Nyaman

Sepatu yang cocok dan sesuai dengan medan yang akan dilalui sangat disarankan saat ingin berpetualang dengan jalan kaki. Sepatu yang tidak sesuai dengan medan akan membuat kaki Anda terasa tidak nyaman dan pasti petualangan Anda tidak akan terasa seru dan menyenangkan lagi. Jika medan yang akan dilintasi berbatu seperti di kawasan pegunungan, gunakan sepatu khusus untuk kawasan pegunungan. Jika jalan yang akan dilintasi beraspal dan permukaan sudah cukup baik, memakai sepatu lari atau sneaker sangat disarankan. Terakhir, jangan lupakan juga untuk memakai kaos kaki dan membawa cadangannya. Kaos kaki selain akan membuat kaki lebih nyaman juga bisa menghangatkan saat cuaca di lokasi Anda berpetualang hujan.

4. Bawa Tas yang Sesuai dengan Kebutuhan

Membawa tas yang tidak pas dan praktis bisa menjadi salah satu hambatan saat berpetualang dengan jalan kaki. Sesuaikan tas dengan kebutuhan yang akan Anda bawa berpetualang, jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Selain itu sesuaikan juga dengan jarak tempuh dan waktu yang diperlukan untuk berpetualang dengan jalan kaki yang nanti akan Anda lakukan. Jika hanya beberapa jam, tidak sampai seharian penuh, membawa backpack berukuran kecil sudah cukup. Jika memakan lebih dari sehari maka backpack berukuran besar yang Anda butuhkan. Agar lebih nyaman dan tidak merepotkan nantinya pilih tas dengan kualitas terbaik. Anda pasti tidak mau jika petualangan dengan jalan kaki yang Anda lakukan terganggu hanya karena tas yang Anda bawa rusak.

5. Perhatikan Semua Petunjuk Jalan

Memperhatikan semua petunjuk jalan saat berpetualang dengan jalan kaki sangat penting, khususnya jika lintasan yang akan Anda susuri nantinya berada di kawasan hutan. Saat ini sudah banyak jalur trekking di kawasan pegunungan yang sudah dipasang banyak sekali papan petunjuk dan papan-papan inilah yang harus Anda perhatikan. Tujuan dari berdirinya papan-papan ini sudah pasti untuk kenyamanan dan keselamatan para petualang. Dengan memperhatikan papan-papan petunjuk tersebut, kemungkinan Anda tersesat akan bisa diminimalisir. Anda tentu tidak ingin petualangan dengan berjalan kaki Anda menjadi sebuah musibah di mana Anda tersesat dan tidak bisa menemukan jalan untuk kembali. Karena itulah perhatikan semua papan petunjuk dan sangat disarankan juga untuk membawa peta atau kompas.

6. Jangan Malu Bertanya

Saat berpetualang dengan jalan kaki, bertanya adalah hal yang wajar dan tidak perlu malu bertanya. Malu bertanya hanya akan membuat Anda tersesat dan hal ini tentu tidak ingin Anda alami. Tidak perlu malu, terlebih jika Anda berpetualang dengan jalan kaki tanpa ditemani pemandu. Bertanyalah kepada warga atau siapapun yang Anda jumpai saat berpetualang jika Anda merasa ragu sudah dijalur yang benar atau belum. Selain bisa mengetahui jalur petualangan lebih jelas, Anda juga bisa menambah kenalan dan teman baru.

7. Jangan Lupa Istirahat

Seringkali saat berpetualang kita lupa beristirahat. Jangan paksakan tubuh jika memang sudah merasa lelah karena bila tidak akan berakibat buruk pada kondisi tubuh. Pilih lokasi beristirahat yang nyaman dan aman, istirahat sejenak kemudian lanjutkan lagi petualangan Anda.