Perut kembung adalah salah satu hal yang membuat kita tidak nyaman, begitu pula pada bayi. Bayi akan rewel dan merasa tidak nyaman karena perut mereka yang kembung. Perut kembung pada si kecil saat berusia 3 sampai 4 bulan adalah hal yang wajar karena perkembangan saluran cerna mereka yang masih berkembang dan belum sepenuhnya sempurna. Karena seringnya bayi mengalami kembung pada usia ini maka kita tentunya harus tahu cara mengatasi perut kembung pada bayi. Apalagi perut kembung juga akan dirasakan juga oleh si kecil ketika dia sudah mulai mencoba makanan baru selain ASI untuk kali pertama. Yuk bunda kita simak apa saja penyebab kembung pada bayi dan bagaimana mengatasinya.

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Penyebab dan cara mengatasi perut kembung pada bayi perlu kita ketahui untuk dapat mengatasinya dengan baik. Penyebab kembung pada si buah hati ada beberapa hal. Yang pertama, bagi bunda yang memberikan ASI eksklusif, makanan yang dikonsumsi ibu juga berpengaruh terhadap terjadinya perut kembung pada bayi. Makanan yang menyebabkan flatulensi atau menimbulkan gas di perut seperti kol, brokoli, kubis, ubi, dan sebagainya harus bunda minimalkan karena akan berpengaruh juga pada si kecil. Jika sei kecil sudah mulai makan, makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Ada beberapa sayuran yang harus dikonsumsi sesuai takaran agar si buah hati tidak mengalami kembung karena makanan yang dikonsumsinya. Jika si buah hati meminum susus formula dari dot, anda juga perlu memastikan lubang dot yang tepat untuk si kecil sehingga tidak ada udara yang ikut masuk saat si kecil minum menggunakan dot. Yang terakhir, pastikan si kecil cukup minum air untuk mencegahnya sulit buang air besar dan kembung.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

cara mengatasi perut kembung pada bayi dapat anda lakukan dengan teknik yang mudah. Kita dapat melakukan pijatan lebut yang nudah dilakukan. Cara pertama adalah dengan mengusap perut bayi serah dengan jarum jam dengan posisi bayi terlentang, cara ini dapat membuatnya nyaman karena kita juga melakukan kontak mata dengan nya. Anda juga bisa mengusap punggungnya saat si bayi dalam posisi telungkup untuk mengeluarkan gas. Menelentangkan buah hati di kasur sembari menggerakan kedua kainya dengan gaya seperti mengayuh sepeda juga efektif mengeluarkan gas. Selain itu bisa jga dengan menggendong mereka dengan posisi berdiri dan menepuk punggung mereka dengan lembut agar si kecil bersendawa.

Banyak cara mengatasi perut kembung pada bayi  yang mudah anda lakukan di rumah.tidak perlu panik jika mereka rewel atau merasa kurang nyaman. Selain cara di atas, kita juga bisa megusapkan minyak telon Zwitsal untuk menghangatkan perut si kecil yang kembung agar mereka nyaman dan terhindar dari kembung.