Lebaran akan datang sebentar lagi, berbagai hidangan kuliner khas lebaran pastinya sudah dirindukan untuk dinikmati bersama keluarga saat berbuka ataupun di saat hari raya tiba. Tak dapat dipungkiri meski sebelum lebaran kita harus berpuasa selama sebulan penuh, namun kuliner khas bulan puasa juga menjadi salah satu pemicu semangat untuk berpuasa di pagi dan siang harinya. Berbagai makanan tradisional yang hanya banyak dibuat ketika bulan puasa atau hari lebaran sudah mulai dinanti bahkan dari sekarang.

Satu daerah memiliki menu makanan wajib saat menyambut lebaran. Menu makanan tersebut akan menjadi menu yang harus ada ketika menyambut tamu-tamu yang datang untuk bersilaturahmi. Karenanya jika Anda bersilaturahmi ke rumah orang yang bersuku bangsa lain dengan Anda, akan ada kesempatan untuk mencicipi menu makanan khas daerah tersebut. Berikut ini adalah beberapa menu kuliner tradisional yang wajib ada saat lebaran:

Berikut Kuliner Khas Yang Biasa Di Jumpai Saat Lebaran

  • Ketupat sayur.
  • Rendang.
  • Sambal goreng.
  • Opor ayam.
  • Soto padang.

Menu makanan tersebut memang sudah ada sejak lama dan disukai di berbagai daerah asalnya. Namun menjadi wajib ada di lebaran karena memang telah menjadi tradisi ketika berlebaran memberikan hidangan yang terbaik kepada para tamu yang datang. Dengan merasakan berbagai makanan nusantara di hari raya Idul Fitri diharapkan rasa persatuan antar bangsa menjadi lebih terjalin kuat selain dari rasa persaudaraan seagama.

Itulah beberapa menu kuliner khas nusantara yang umumnya dihidangkan di hari raya Lebaran. Pastinya di setiap negara Islam memiliki menu khas lainnya yang juga disuguhkan secara spesial di hari besar tersebut. bahkan menu-menu merekapun kini telah menghiasi menu restoran di Indonesia seperti nasi kebuli dari India dan sebagainya, namun jangan sampai menu makanan tradisional kita kalah oleh menu makanan dari luar di negeri kita sendiri. Tetap cintai, konsumsi dan lestarikan menu tradisional baik sebagai menu olahan sehari-hari maupun menu makanan spesial di hari yang spesial agar anak cucu masih dapat merasakan keenakan makanan khas nusantara.